Eksim

Eksim yang Diderita Selama Sembilan Bulan Sembuh
Widyawati, Parungpanjrang, Depok

Sebagai seorang istri pegawai negeri, selain sibuk sebagai ibu rumah tangga, Widyawati (bukan nama sebenarnya) sibuk di organisasi Dharma Wanita di lingkungan suaminya bekerja.

Sejak tahun 1996, Widyawati terserang eksim di kedua pergelangan kakinya. Lama-kelamaan eksimnya bertambah gatal dan semakin melebar. Selama ini Widyawati yang tinggal di Parungpanjang, Depok, rutin memeriksakan penyakitnya ke dokter spesialis kulit di Semarang, Jawa Tengah. Di Semarang, Widyawati diinjeksi agar penyakitnya sembuh. Anehnya, sepulang dari Semarang eksimnya yang sudah berangsur-angsur sembuh, beberapa lama kemudian kambuh lagi.

Kejadian tersebut terus berulang hingga tahun 2004. Rasa gatal di kedua pergelangan kaki tersebut kadang-kadang menyerang dengan hebat dan secara reflek mendorong tangannya untuk menggaruk, sehingga kondisinya semakin bertambah parah. Karenanya, tidak mengherankan jika eksim tersebut semakin melebar dan semakin tebal. Selain berobat ke dokter ahli kulit di Semarang, ia juga mencoba berbagai macam salep untuk pengobatan eksimnya, tetapi hasilnya nol besar.

Pada bulan Januari 2005, kebetulan salah seorang anak perempuannya berjualan sari buah merah yang didapatkan dari Wamena, Papua. Oleh anak perempuannya tersebut, Widyawati disarankan meminum sari buah merah tersebut dan mengoleskannya di pergelangan kakinya yang terkena eksim. Widyawati meminum sari buah merah dua kali sehari sebanyak satu sendok makan. Pergelangan kakinya diolesi minyak buah merah setelah mandi atau buang air besar: Dari hari-ke hari eksim di kedua pergelangan kakinya mulai menyusut dan kulitnya mulai halus. Eksim yang diderita selama sembilan tahun itu kini telah sembuh. Perawatan dengan sari buah merah pun tetap rutin dilakukan untuk membersihkan bekas lukanya.

----- www.deherba.com -----