Ambeien

Selamat Tinggal Ambeien
Hari Tjahyono, Ssi, Lembah Baliem, Jayawijaya

Pria kelahiran Ponorogo tanggal 1 Juni 1964 jnj adalah seorang sarjana lulusan Universitas Terbuka. Pada tahun 1985, Hari berlayar ke Papua dan terbang ke Kecamatan Oksibil di Pegunungan Bintang, Lembah Baliem, tepatnya di Maki. Di sana, pria yang beristrikan perempuan dari Ranah Minang ini mengajar matematika dan berdakwah menyebarkan agama Islam kepada penduduk penganut animisme.

Pada tahun 1999, Hari mulai merasakan lubang duburnya panas setiap buang air besar (BAB) dan duduk pun menjadi tidak enak. Lama-kelamaan, jika buang air besar, darah keluar bercampur dengan kotoran, sehingga duburnya terasa panas dan sakit. Saat berobat ke rumah sakit di Wamena, oleh dokter ia diberi obat antiambeien yang harus dimasukkan ke dalam lubang dubur. Meskipun demikian, penyakitnya tak kunjung sembuh.

Siksaan setiap kali buang air besar tetap saja menimpanya. Hal ini tentu membuat sang istri harus berkorban melupakan masakan khas kampung halamannya, masakan padang yang pedas. Soalnya, setiap kali menyantap masakan istrinya, Hari akan tersiksa, lubang duburnya bagai tersengat api, panas dan terasa pedas.

Siksaan yang dialami Hari berakhir setelah ia bertemu penulis buku Khasiat dan Manfaat Buah Merah: Si Emas Merah dari Papua, H. Machmud Yahya. H. Machmud Yahya yang waktu itu sudah mulai mengolah buah merah memberikan satu botol minyak buah merah (350 ml). Minyak buah merah yang diberikan penulis ini diminum sekali sehari, satu sendok makan setiap hari. Seminggu kemudian, saat buang air besar, panas di duburnya mulai hilang. Warna merah yang bercampur dengan kotorannya bukan lagi darah, tetapi efek dari minyak buah merah yang dikonsumsinya. Ambeiennya sembuh dalam waktu satu minggu dan sampai sekarang tidak menyiksanya lagi. Yang mem­buatnya lebih senang adalah ia sudah berani menyantap masakan istrinya, masakan padang yang ekstra pedas.

----- www.deherba.com -----